Saturday, March 21, 2015

Prinsip Seni Rupa


Prinsip-prinsip seni rupa dapat diartikan sebagai ketentuan yang menjadi pedoman dalam berkarya seni rupa. Prinsip-prinsip seni rupa meliputi : kesatuan, keseimbangan, irama, pusat perhatian, dan keselarasan.
     1.       Kesatuan (Unity)
      Unsur-unsur yang terdapat dalam seni rupa merupakan suatu kesatuan yang saling bertautan, sehingga antara unsur yang satu dengan yang lain tidak boleh berdiri sendiri.
     2.       Keseimbangan (Baalance)
      Keseimbangan dalam seni rupa diartikan kesamaan bobot dari unsur-unsur yang ada. Ada empat jenis keseimbangan yaitu : keseimbangan sentral (terpusat), keseimbangan diagonal, keseimbangan simetris, dan keseimbangan asimetris.
     3.       Irama (Rythme)
      Yaitu menata unsur-unsur seni rupa dengan cara pengulangan unsur-unsur dan membuat kesan bergerak dari unsur-unsurnya. Dalam karya seni rupa, irama dapat diusahakan lewat penyusunan unsur-unsur yang ada di dalamnya.
      4.       Komposisi
      Komposisi adalah penataan atau penyusunan unsur-unsur seni rupa menjadi satu kesatuan yang harmonis untuk tujuan pengekspresian.
      5.       Pusat Perhatian (Center of Interes)
      Pusat perhatian adalah unsur yang sangant menonjol atau berbeda dengan unsur-unsur yang lain yang ada di dekitarnya.
      6.       Keselarasan (Harmony)
      Keselarasan merupakan prinsip yang digunakan untuk menyatukan unsur-unsur yang terdapat dalam seni rupa dari berbagai nemtuk yang berbeda. Tujuan prinsip keselarasan adalah untuk menciptakan keharmonisan dari unsur-unsur yang berbeda baik bentuk maupun warnanya.

No comments:

Post a Comment