Saturday, March 21, 2015

Teknik Berkarya Seni Rupa



Teknik adalah cara yang digunakan seseorang dalam menggunakan media karya untuk mewujudkan (memvisualkan) angan-angan atau ide sehingga menjadi sebuah benda yang memiliki nilai seni. Teknik-teknik yang digunakan dalam berkarya seni rupa terapan antara lain :
      1.       Menganyam,yaitu cara membuat karya karya seni rupa dari bahan bamboo, kertas, daun, dan yang lainnya dengan cara menyusupkan bilah tegak (lungsi) dan bilah datar (pakan) secara bergantian sesuai dengan pola/motifnya.
      2.       Menyablon, yaitu membuat karya seni rupa dengan menggunakan alat cetak saring.
      3.       Melipat, menggunting, dan merekat, yaitu membuat karya seni rupa dengan cara melipat, menggunting, dan merekatkan bahan dari kertas.
      4.       Merakit, yaitu membuat karya seni rupa dengan cara menyambung beberapa potong atau bagian bahan yang telah tersedia.
      5.       Membutsir, yaitu membuat karya seni rupa dengan cara mengeruk/menghilangkan bahan pada bagian tertentu yang tidak digunakan dengan menggunakan alat sudip.
      6.       Memahat, yaitu membuat karya seni rupa dengan cara membuang bahan sedikit demi sedikit dengan menggunakan benda tajam (pahat).
      7.       Menjahit, yaitu membuat karya seni rupa dengan menggunakan mesin jahit.
      8.       Membangun, yaitu membuat karya seni rupa dengan cara memu=buat bangunan dengan teknik pertukangan.
      9.       Mozaik, yaitu membuat karya seni rupa dengan cara menempelkan benda-benda kecil menjadi bentuk gambar.
      10.   Mencetak, yaitu membuat karya seni rupa dengan cara menuangkan bahan yang telah dicairkan pada cetakan.


2 comments: