Thursday, September 18, 2014

Teknik-teknik Dasar Bermain Bass

TEKNIK BERMAIN BASS.
Teknik bermain bass, sebelum lebih lanjut kita bahas tentang teknik bermain bass. Perlu kalian ketahui, bass adalah alat musik yang menarik. Bass tidak hanya memainkan peranan dalam harmonisasi nada tetapi sekaligus memberikan penekanan pada ritme dann tempo. Dari segi suara, bass menghasilkan suara yang rendah dan mencolok, sehingga anda bisa unjuk kebolehan dalam bermain bass tanpa harus khawatir  teretutupi oleh suara dari instrumen lainnya.
Teknik bermain bass ada beberapa macam, diantaranya:
  •  Hammer-on
Hammer-on adalah tekhnik dimana senar dipetik dan fingering menggunakan satu jari lalu jari lain menekan pada nada yang tinggi tanpa petikan tambahan. Missal, kita memetik nada G pada senar keempat (kolom 3) dengan jari telunjuk yang menekan. Setelah berbunyi, jari manis menekan lagi di kolom 5 (nada A) senar yang sama tanpa memetik.

  • Pull-off
Pull-off merupakan kebalikan dari hammer-on. Tentu nada yang dimainkan pertama lebih tinggi dibandingkan dengan nada kedua. Cara memainkan teknik ini adalah dengan memetik senar di kolom tertentu, lalu jari tersebut diangkat dan sebelumnya jari lain sudah menekan di kolom bernada lebih rendah. Misalnya, anda menekan nada A pada senar 4 kolom 5 dengan jari manis dan nada G pada senar 4 kolom 3 dengan jari telunjuk. Saat anda membunyikan nada A, segera angkat jari manis dan nada akan bergeser ke nada G.

  • Slide and back-slide
Slide and back-slide merupakan dua teknik yang hampir mirip dengan hammer-on dan pull-off. Hanya saja jika pada hammer-on dan pull-off menggunakan dua jari yang diangkat dan ditekan, teknik slide and back-slide menggunakan satu jari dan untuk mencapai nada kedua cukup menggeser jari tersebut ke kolom berikutnya.
Karakter suara dari due pasang teknik ini sangatlah berbeda. Keempat teknik ini akan sering digunakan, bahkan hampir ada di setiap lagu. Maka, berusahalah untuk menguasainya dan gunakan sesering mungkin agar jari anda terbiasa.

  • Trill
Trill merupakan teknik gabungan hammer-on dan pull-off yang dilakukan bersamaan. Akan tetapi trill dilakukan pada kecepatan tinggi. Kekuatan dan latihan pada jari andan akan menentukan kecepatan trill. Teknik ini memang jarang digunakan, tetapi tidak ada salahnya uuntuk mengetahui dan melatihnya.
Sebagi tantangan, gunakan jari anda yang paling lemah unutk melakukan trill, yaitu jari manis dan kelingking. Kunci untuk melakukan trill adalah kecepatan jari tangan kiri. Hanya satu hal yang bias dilakukan, yaitu seringnya latihan untuk membentuk kekuatan dna kecepatan jari tersebut.

  • Mute
Mute merupakan teknik yang paling mudah dilakukan. Caranya adlah dengan menekan pada fretboard dengan tangan kiri tetapi tidak terlalu keras, cukup dangan menyentuhnya. Nada yang dihasilkan adalah nada mati yang biasanya digunakan untuk jeda dan juga dapat dimanfaatkan untuk menambah warna pada petikan.
Manfafat mute adalah agar suara yang dihasilkan jernih. Missal kita sedagn memtik senar 4 tanpa ditekan (nada E). maka untuk menjaga agar senar yang lain tidak berbunyi, kita mute senar lainnya.

  • Ghost Note
Ghose Note merupakan teknik yang sangat menarik. Suara yang dihasilkan sangat unik. Teknik ini bias dilakukan dengan menekan setengah pada fretboard. Suara yang dihasilkan mirip dengan mute tetapi lebih hidupp. Ghost Note lebih meiliki nilai ritmis dibandingkan dengan nadanya. Fungsinya bias sebagai semi ritmis atau unutk penekanan nada-nada yang diapitnya. Teknik ini akan lebih baik jika dimainkan dengan teknik plucking.

  • Natural Harmonic
Natural Harmonic adalah nad yang  dihasilkan jika kita menyentuh (bukan menekan) nada pada kolom-kolom tertentu. Kolom yang digunakan biasanya adalah kolom ke-7 dan ke-12. Akan tetapi, jangan mnyentuh tepat di kolomnya, melainkan pada fret pembatasnya.

*Untuk mengetahui Teknik Lanjut Bermain Bass. Klik di sini 

No comments:

Post a Comment