Saturday, September 20, 2014

Tips Bermain Bass

Tips bermain bass. tips bermain bass dapat membantu anda untuk cepat mengerti dan pintar bermain bass.
Dalam berlatih bass usahakan tetap melakukan hal hal berikut ini:
  1. Usahakan berlatih rutin, dan sesering mungkin. Misalnya 1 jammm sehari sekali, atau setengah jam dua kali sehari. Rutinitas itu akan membuat tangan dan jari anda terbiasa dengan gerkan yang benar. Jika anda terasa lelah sebelum target waktu yang ditentukan. Istirahatkan dalam eaktu yang singkat (missal 30 detik), lalu lanjutkan kembali sampai target waktu yang telah anda tentukan.
  2. Usahakan setiap nada yang dipetik dengan tepat dan suara yang dihasilkan tepat (tidak off tone) dan sejernih mungkin (gunakan mute).
  3. Berlatih dalam tempo yang lambat setiap mempelajari atau berlatih teknik atau gerakan baru. Setelah tangan terbiasa, baru tingkatkan tempo dan latihan speed (kecepatan) permainan.
  4. Focus. Jika anda melakukan kesalahan di tengah, jangan dilanjutkan. Ulang lagi dari awal. Hal inin akan mempermudah memori anda mengingat gerakan jari yang benar.
  5. Ulangi gerkan-gerakan dasar (sering disebut senam jari) pada latihan-latihan awal. Gerakanini akan menjaga keluwesan jari anda.
  6. Jika terasa jemu, belajarlah untuk memulai mengiringi lagu. Anda bias mencari tablature lagu melalui internet atau gunakan yang ada dalam buku.
  7. Mulailah untuk belajar mencari nada atau kunci bass sendiri dari lagu. Dengarkan lagu yang anda skai dan cari sendiri kunci dan nada bassnya. Berusahalah untuk menyelesaikan satu lagu sendiri tanpa bantuan tablature yang anda dapat dari internet. Langkah ini akan mempertajam feeling dan pendengaran anda.


No comments:

Post a Comment