Saturday, September 20, 2014

Teknik-teknik Lanjut Bermain Bass

  • Strumming Technique : (Alternate Picking, Up-Down Thumb, Slap/Pop) 
Altenate Picking adalah picking dengan arah atas bawah atau teknikk up-down picking. Sedangkan up-down thumb merupakan teknik plucking dengan menggunakan ibu jari dua arah petikan yang sama, yaitu atas bawah (up-down). Kedua teknik ini akan berguna saat anda ingin menambah speed (kecepatan) anda dalam memainkan nada. Jadi selalu gunakan dua teknik ini saat anda berlatih.

  1. Slapping merupakn teknik khas yang sering digunakan pemain bass. Pada dasarnya teknik ini menggunakan ibu jari yang dipukulkan kea rah senar mengenai fretboard. Gunakan tulang pada ruas ibu jari untuk memukul. Slapping biasanya selaras dengan pembunyian bass drum pada drum. Terkadang digunakan sebagai ketukan utama untuk mengiringi drum.
  2. Popping merupakan teknik yang dikenal dengan istilah mencabik. Caranya adalah menarik senar secara vertical menggunakan jari dan menghantamkannya ke fretboard. Bunyinya yang khas akan terlihat berbeda dengan slapping. Popping biasanya diselaraskan dengan bunyi snare drum pada drum. Popping dapat digunakan sebagai ketukan sekunder pada irama lagu uga sebagai variasi teknik dalam bermain bass.

*Untuk mengetahui Teknik Dasar Bermain Bass. Klik di sini 

No comments:

Post a Comment