Saturday, March 21, 2015

Macam-macam Seni Rupa Nusantara

Macam-macam Seni Rupa Nusantara


            1.       Seni Rupa Berdasarkan Wujudnya
a.       Seni Rupa Dua Dimensi (Seni Rupa Dwimatra)
Yaitu seni rupa yang karya-karyanya hanya memiliki bentuk bidang (panjang dan lebar atau luas).
Contohnya:
·         Seni Lukis
·         Seni Ilustrasi
·         Seni Kartun
·         Seni Batik
·         Seni Grafika
·         Seni Kaligrafi
·         Seni Karikatur
b.      Seni Rupa Tiga Dimensi (Seni Rupa Trimatra)
Yaitu seni rupa yang karya-karyanya memiliki bentuk volume atau isi (memiliki tiga ukuran : panjang, lebar, tinggi/tebal). Seni rupa ini dapat dinikmati dari berbagai arah pandang.
Contohnya :
·         Seni Kriya
·         Seni Patung
·         Seni Bangunan
·         Seni Taman
·         Seni Dekorasi
·         Seni Topeng
           2.       Seni Rupa Berdasarkan Kegunaannya
a.       Seni Rupa Murni (Fine Art)
Seni Rupa Murni diciptakan dengan bebas tanpa mempertimbangkan segi kegunaanya, melainkan hanya mengutamakan fungsi keindahan atau seninya. Ini juga sering disebut sebagai seni bebas (free art).
b.      Seni Rupa Terapan (Applied Art)
Seni Rupa Terapan
 yaitu karya seni rupa yang diciptakan untuk memenuhi kegunaan dan fungsi yang praktis. Karya seni jenis ini diciptakan dengan mengutamakan fungsi kegunaanya selain dinikmati nilai seninya. Jenis seni inilah yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua benda yang ada di sekitar kita berhubungan dengan seni rupa.
           3.       Seni Rupa Menurut Jenisnya
a.       Seni Lukis
Seni Lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar. Media lukis bisa berbentuk apa saja, seperti kanvas, kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan. Alat yang digunakan juga bisa bermacam-macam, dengan syarat bisamemberikan imaji tertentu kepada media yang digunakan.
b.      Seni Fotografi
(dari bahasa Inggis : photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu “photos” : cahaya dan “grafo” : melukis/menulis) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang menge=enai obyrk tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling popular untuk mengkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.
c.       Seni Ilustrasi
Ilustarasi adalah hasil visual dari suatu tulisan dengan teknik drawing, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya yang lebih menekan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk. Tujuan ilustrasi adalah untuk menerangkan atau menghiasi suatu cerita, tulisan, puisi, atau informasi tertulis lainnya. Diharapkan dengan bantuan visual, tulisan tersebut lebih mudah dicerna.
d.      Seni Reklame
e.      Seni Grafis
Grafika dalah segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak melalui proses percetakkan guna disampaikan kepada masyarakat luas.
f.        Seni Tekstil
Jenis tekstil yang banyak dijumpai dan merupakan karya daerah antara lain kain songket, kain tapis, kain ikat, tenun, batik, dan lain-lain.
g.       Seni Kriya
Seni kriya disebt juga seni kerajinan yaitu suatu usaha membuat benda-benda hasil kerajinan tangan. Seni kriya termasuk seni rupa terapan. Karya seni kriya merupakan seni rupa yang paling banyak ragamnya di wilayah Nusantara, diantaranya:
·         Ukiran dan pahatan
·         Keramik/gerabah
·         Anyaman
·         Meronce manik-manik
h.      Seni patung
Pada awalnya patung diartikan sebagai benda tiruan yang berbentuk menusia atau binatang yang dibuat dengan cara dipahat. Namun dalam perkembangannya bentuk patung tidak hanya terbatas pada bentuk manusia atau biatang saja melainkan dapat berbentuk apapun asalkan memiliki keindahan.
Berdasarkan fungsinya, patung dikelompokkan menjadi enam, yaitu:
·         Patung religi
·         Patung monumental
·         Patung dekorasi/hiasan
·         Patung arsitektur
·         Petung kerajinan
·         Patung seni
Berdasarkan bentuknya, patung dikelompokkan menjadi empat, yaitu:
·         Patung dada
·         Patung torso
·         Patung kepala
·         Patung lengkap
Berdasarkan coraknya patung dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:
·         Patung realistis
·         Patung deformatif
·         Patung abstrak
i.         Seni Dekorasi

Kata dekorasi berasal dari bahasa Belanda yaitu decoration yang artinya hiasan. Mendekor suatu tempat artinya menghiasi atau mendandani tempat tersebut. Contoh benda yang dapat digunakan sebagai dekorasi adalah jambangan, guci, kain, patung, pohon/tumbuhan, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment