Saturday, March 21, 2015

Seni Reklame

Seni Reklame


               Kata reklame berasal dari bahasa latin, yaitu “re” dan “clamere”. Re berarti berulang-ulang, dan clamere berarti teriakan atau ajakan. Dengan demikian reklame dapat diartikan sebagai seruan atau teriakan yang berulang-ulang.

      1.       Jenis-jenis Reklame
Berdasarkan sifat dan tujuannya, reklame dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu:
a.       Reklame Sosial yaitu jenis reklame yang bertujuan mengajak masyarakat agar berbuat sesuatu untuk kepentinganatau kebaikan bersama. Reklame jenis ini biasanya digunakan oleh pemerintah atau suatu lebaga untuk menyampaikan program-programnya kepada masyarakat.
b.      Reklame Komersial yaitu jenis reklame yang bertujuan mengajak masyarakat menggunakan produk dari suatu perusahaan, baik yang berupa barang maupun jasa.
Berdasarkan media yang digunakan, reklame dapat dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu:
a.       Reklame Audio yaitu jenis reklame yang penyampaiannya dilakukan dengan menggunakan suara. Jeins reklame ini biasanya disampaikan melalui radio atau langsung berkeliling dalam suatu masyarakat.
b.      Reklame Visual yaitu jenis reklame dimana dalam penyampaiannya menggunakan gambar atau tulisan. Contoh : poster, selebaran, embalase, buklet, spanduk, mobile, pampflet, baliho.
c.       Reklame Audio-Visual yaitu jenis reklame dimana dalam penyampaiannya menggunakan dua media sekaligus, yaitu suara dan gambar/tulisan.

No comments:

Post a Comment